Selasa, 25 September 2018
  • (0721) 789-456

  • (fax) 0721 789456

  • Bandar Lampung,

  • Jl. P. Morotai No.33

  • Email

  • smkn1bl@gmail.com

image
11 AGUSTUS 2018

Kegiatan

Kisah Tri Yana Dea Terpilih Bacakan Puisi di Hadapan Jokowi

Bermula dari kegemaran mencurahkan isi hati dan perasaan di atas kertas berbentuk puisi, membuat salah satu siswa SMKN 1 Bandar Lampung, Tri Yana Dea mewakili provinsi Lampung, mengikuti Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia (GPKSI), di Cibubur Jakarta Timur, Senin (13/8/2018).

Tidak tanggung-tanggung, sejumlah hasil cipta puisi yang dihasilkan Tri Yana Dea, akan dibacakan di hadapan Presiden RI Joko Widodo sebelum memperoleh piagam penghargaan pada GPKSI yang digagas Kementerian Sosial itu.

Tri Yana Dea berkisah, sebelum ia terpilih mewakili provinsi Lampung mengikuti GPKSI di tingkat nasional, ia pernah membuatkan puisi untuk Menteri Sosial, Idrus Marham dan dibacakan pada suatu kesempatan kunjungan kerja Menteri Sosial di Lampung, beberapa waktu lalu.

Menurut putri pasangan dari Kasbun dan Sunariah itu, ternyata puisi ciptaannya mendapatkan tempat di hati Menteri Sosial, sehingga ia berkesempatan diundang Kementerian Sosial untuk membacakan puisi di hadapan Presiden RI Joko dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada GPKSI.

Namun sebelum mengikuti GPKSI, menurut siswa kelahiran Bandar Lampung, 26 Desember 2000, itu terlebih dahulu ia diminta panitia GPKSI untuk menciptakan 50 karya puisi dalam waktu tiga hari dengan tema Program Keluarga Harapan untuk diseleksi panitia sebelum dibacakan.

“Sempat kaget waktu dihubungi sekolah kalau saya diminta Kementerian Sosial membuat 50 naskah puisi. Lebih kaget lagi pembuatannya hanya diberi waktu selama tiga hari. Berkat dukungan keluarga, teman, dan sekolah akhirnya saya mampu menyelesaikannya,” ujar dia Sabtu (11/8/2018).

Setelah satu bulan naskah puisi dikirim ke Kementerian Sosial akhirnya menurut siswa yang memilki hobi membaca itu membuahkan hasil, sejumlah naskah puisi hasil ciptaannya lolos untuk diikutsertakan dan dibacakan pada GPKSI di Cibubur, Jakarta Timur.

“Menciptakan puisi merupakan hobi saya sejak kecil. Segala perasaan isi hati bisa dituangkan di atas kertas. Ternyata hobi ini membawa saya dapat tampil di GPKSI terlebih dihadapat sejumlah pejabat negera,” kata dia yang bercita-cita menjadi penulis itu.

Kategori Publikasi

UJIAN NASIONAL PERBAIKAN

https://unp.kemdikbud.go.id/Ujian Nasional PerbaikanPendaftaran Ujian Nasional Perbaikan akan dimulai pada tanggal 2 s.d 6 Juli 2018Ujian Nasional Perbaikan diperuntukkan untuk peserta UN 2016/2017 dan 2017/2018yang belum memenuhi kriteria pencapaian

Selengkapnya